Kirana Insani, Siswa MAN 1 Semarang, Raih Emas di IYRC 2023 dengan Game Animasi

22 Maret 2023, 18:44 WIB
Kirana Insani, Siswa MAN 1 Semarang, Raih Emas di IYRC 2023 dengan Game Animasi/Kemenag.go.id/ /

IKOBENGKULU.COM - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Semarang, Kirana Insani, berhasil meraih prestasi nasional di bidang robotika dengan memenangkan medali emas dalam Indonesia Youth Robot Competition (IYRC) 2023.

Kompetisi tersebut diadakan pada tanggal 19 Maret 2023 di Semarang dan diikuti oleh siswa dari berbagai sekolah dan madrasah di Indonesia. Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 21 Maret 2023.

 Kirana Insani mengikuti kategori animasi dan membuat sebuah game yang diberi nama "Playing and Helping with Lola" dengan tema "Robot Membantu Manusia".

"Alhamdulillah, saya mendapat medali emas. Padahal, proyek game ini selesai dalam waktu tiga hari empat malam," ujarnya di Semarang pada hari Selasa (21/3/2023).

"I sebelumnya juga meraih juara ketiga pada kompetisi robotik yang diadakan UIN Walisongo. Saat itu, saya mengikuti kategori creative robotic," tambahnya.

Baca Juga: Bimtek PPHKWN Bagi CPNS MK: Tingkatkan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara

Pada IYRC 2023, Kirana membuat game animasi dengan tema robot membantu manusia, dengan harapan dapat menyampaikan pesan bahwa di era teknologi yang sangat maju ini, manusia dapat memanfaatkan robot untuk membantu mereka dalam banyak hal.

"Saya membuat robot bernama 'Lula' yang akan membantu teman-temannya yang membutuhkan pertolongan," jelasnya.

Skema kerja game robot ini adalah pemain akan diberikan beberapa masalah yang harus dipecahkan dalam lima level game.

Baca Juga: Cara dan Bacaan Niat Puasa Ramadhan yang Lengkap dan Benar: Tips Agar Berpuasa dengan Baik dan Sehat
Tiga level pertama berupa kuis, di mana pemain game akan membantu Lula memberikan pengobatan kepada teman-temannya. Untuk level 4 dan 5, pemain game akan membantu Lula menemukan peralatan medis yang dibutuhkannya.

"Saya berharap game ini dapat digunakan sebagai sarana edukasi untuk menunjukkan bahwa kita dapat menggunakan teknologi dengan bijaksana dan membantu meringankan beban kerja manusia, serta selalu membantu orang lain," tutupnya.***

Editor: Iyud Dwi Mursito

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Terkini

Terpopuler