Resep Unik Dodol (Gelamai) Super Lezat dan Cara Pembuatannya

- 18 Mei 2022, 09:49 WIB
Resep Unik Dodol (Gelamai) Khas Bengkulu  dan Cara Pembuatannya
Resep Unik Dodol (Gelamai) Khas Bengkulu dan Cara Pembuatannya /

IKOBENGKULU.COM-Gelamai adalah kudapan seperti dodol yang dibuat selama lebih dari tujuh jam di atas tungku dengan bara api sedang. Adonannya terdiri dari tepung beras, santan kelapa, gula merah, dan air yang diaduk secara terus-menerus hingga mengental.

Tradisi membuat penganan yang disebut Ngacau Gelamai ini merupakan cara warga mempertahankan kebersamaan dengan bergotong royong. Setiap 15 menit, warga akan bergantian mengayun sendok bertangkai kayu sepanjang satu meter sambil berkeliling menyapu bagian pinggir belanga atau kuali besar.

Galamai atau Gelamai adalah sejenis kue dodol makanan manis legit yang ada di Sumatera Barat (Sumbar), Padang minang, Payakumbuh, Perentak tersebar juga di wilayah sumatera selatan, (Sumsel), dan wilayah Bengkulu Selatan.

Gelamai merupakan kue khas dari wilayah Bengkulu Bagian Selatan, meliputi Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan hingga Kabupaten Kaur. Gelamai hampir menyerupai kue dodol, namun rasa dan bentuknya agak berbeda.

Bahan dasar pembuatan gelamai adalah tepung beras padi arang (ketan hitam) atau tepung padi pulut (ketan putih), perbedaan bahan dasar akan berpengaruh pada warna gelamai.

Bila menggunakan tepung padi arang, gelamai akan berwarna hitam pekat, sedangkan tepung padi pulut warna gelamai menjadi coklat tua.Bahan lain yang harus ada untuk pembuatan gelamai adalah gula merah, kelapa dan minyak.

Takaran adonan gelamai yang biasanya digunakan adalah cupak, untuk lima cupak beras ketan gula merah yang digunakan empat kilogram dan 30 butir kelapa. Sedangkan minyak digunakan untuk melumuri pembungkus gelamai agar tidak lengket.


Bahan-bahan :
• 250 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
• 175 ml santan encer dari 1/4 butir kelapa
• 300 gram gula merah, disisir halus
• 1/4 sendok teh garam
• 200 gram tepung beras ketan
• Buah durian sesuai selera

Cara membuat :
1. Masukkan santan ke dalam wajan,sisakan santannya sedikit ( kira- kira setengah dari santannya).
2. Setelah itu masukkan gula,garam, ke dalam wajan bersama santan.
3. Jika dirasa gula dan garamnya sudah larut angkat dan taruh di wadah yang telah disediakan, dan disisihkan terlebih dahulu.
4. Lalu campurkan setengah tepung beras ketan ke dalam santan yang disisakan tadi.Aduk-aduk sampai tepung ketan agak encer.
5. Setelah itu masukkan gula merah ke wajan bersama adonan tepung beras tadi.Aduk adonan tersebut dengan api sedang,dan masukkan buah durian sesuai selera jika suka jangan lupa dia Duk terus agar tidak gosong.dalam tahap ini memerlukan kesabaran yang lebih karena sampai adonan tadi diaduk sampai benar-benar coklatn dan lengket.
6. Setelah adonan lengket dan berwarna coklat pekat maka gelami sudah matang.
7. Gelamai disajikan boleh dimasukkan dalam plastik ,kertas minyak atau yang lebih khas di masukkan dalam pelepah daun pinang. ***

Halaman:

Editor: Iyud Dwi Mursito


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah