Inspirasi Menu Buka Puasa Hari Pertama Ramadhan yang Sehat dan Lezat

- 23 Maret 2023, 11:10 WIB
 Inspirasi Menu Buka Puasa Hari Pertama Ramadhan yang Sehat dan Lezat
Inspirasi Menu Buka Puasa Hari Pertama Ramadhan yang Sehat dan Lezat /Wartasidoarjo/iker

IKOBENGKULU.COM- Menjelang datangnya bulan Ramadhan, banyak orang mulai mencari inspirasi menu buka puasa yang sehat dan lezat untuk menyambut hari pertama puasa. Berikut ini kami sajikan inspirasi menu buka puasa yang seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan serat, serta cocok untuk berbuka puasa.

 

Penjelasan Menu:

Takjil:
a. Kurma - Kaya akan serat dan energi, kurma adalah makanan pembuka yang sempurna untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa seharian.
b. Kolak pisang - Kolak pisang merupakan hidangan manis yang mengandung pisang sebagai sumber karbohidrat dan santan sebagai sumber lemak sehat.
c. Es buah - Segar dan menyegarkan, es buah melibatkan berbagai macam buah yang kaya akan vitamin dan mineral untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Sup:

a. Sup ayam dengan sayuran - Sup ini menggabungkan protein dari ayam dan serat serta vitamin dari sayuran, membuatnya menjadi pilihan yang sehat dan bergizi.

Lauk Utama:

a. Ayam goreng berempah - Sumber protein yang lezat, ayam goreng berempah akan memuaskan selera Anda tanpa menambah beban pada pencernaan.
b. Tahu isi - Tahu adalah sumber protein nabati yang baik, sedangkan isinya menambah variasi rasa dan tekstur.
c. Telur balado - Telur merupakan sumber protein dan lemak sehat, sementara saus balado memberikan rasa pedas yang menggugah selera.

Sayuran:

a. Gado-gado - Salad sayuran dengan bumbu kacang yang kaya akan protein dan lemak sehat. Gado-gado bisa menjadi pilihan sayuran yang lezat dan bergizi.
b. Sayur lodeh - Masakan berbahan sayuran dan santan ini merupakan sumber serat dan vitamin, serta lemak sehat dari santan.

Baca Juga: Viral! Cover Lagu Sial Mahalini Versi Bahasa Korea: Terinspirasi dari Drakor dengan Vibes yang Menggelegar

Nasi:

a. Nasi putih - Karbohidrat sederhana yang bisa dicerna dengan mudah oleh tubuh, nasi putih menjadi pilihan utama dalam menu berbuka puasa.
b. Nasi uduk - Varian nasi dengan cita rasa yang lebih kaya, nasi uduk bisa menjadi alternatif bagi yang ingin mencoba variasi karbohidrat.

Halaman:

Editor: Iyud Dwi Mursito


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah