Tol Bengkulu - Lubuklinggau Batal Dilanjtkan, Ini Penjelasan Direktur P3IPN Bappenas

- 21 Maret 2023, 20:12 WIB
Direktur P3IPN Bappenas
Direktur P3IPN Bappenas /

IKOBENGKUKU.COM - Salah satu proyek strategis nasional (PSN) Pemerintah Pusat yang ada di Provinsi Bengkulu, adalah pembanguan Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungi Kota Bengkulu - Lubuklinggau Sumatera Selatan (Sumsel).

Pembanguan yang semula dijadwalkan 3 sesi, Bengkulu - Taba Penanjung, Taba Penanjung Kepahiang dan Kepahiang Lubuklinggau dan ditargetkan awal selesai pada tahun 2024 mendatang, hingga saat ini belum ada menunjukkan progres untuk dilanjutkan sejak pembanguan sesi pertama Bengkulu - Taba Penanjung selesai dikerjakan pada akhir 2021 lalu. Bahkan dikabarkan jika pembanguan lanjutan jalan tol yang ditunggu-tunggu masyarakat Provinsi Bengkulu tersebut, tidak lagi masuk dalam rencana strategis pembanguan nasional, alias gagal untuk dilanjutkan.

Direktur Pencanaan Pembanguan Proyek Infrastruktur Pripritas Nasional (P3IPN) Badan Perencanaan Pembanguan Nasional (Bappenas), Drs Sumedi Andono Mulyo, MA, Ph.D yanh sempat dikonfirmasi wartawan Bengkulu NetWork. Com, disaat kunjungannya ke Kabupaten Kepahiang dalam menghadiri Musyawarah Rencana Pembanguan (Musrenbang) Kabupaten Kepahiang, Kamis 16 Maret 2023, tidak membantah kalau proyek Tol Bengkulu - Lubuklinggau tidaknlagi masuk dalam proyek strategis nasional yang wajib selesai pada 2024 mendatang.

"Itukan Kementerian PUPR yang menganalisa dan mengkaji mana saja PSN yang harus diselesaikan pada 2024 mendatang sesuai dengan instruksi Bapak Presiden. Kemungkinan hasil dari kajian dari Kementerian PUPR ini yang menyebabkan Tol Trans Sumatera Bengkulu-Lubuklinggau belum bisa dilanjutkan," jelas Direktur P3IPN.

Baca Juga: Amazon.com Inc. Pangkas 9.000 Pekerja, Sektor Teknologi Terkena Gelombang PHK

Namun dibalik itu juga sambung Sumdi, soal kesiapan dari pemerintah daerah yang berkaitan dengan pembebasan lahan dan teknis lainnya yang juga dinilai belum siap.

"Tapi soal itu saat ini masih dilakukan pengkajian lebih lanjut. Semuanya nanti tergantung pada hasil kajian Kementerian PUPR, bisa dilanjutkan atau tidak. Termasuk juga kesiapan dari pemerintah," ujarnya.

Demikian dikatakan Sumedi, dipastikan, pembanguan jalan Tol Trans Sumatera, Bengkulu - Lubuklinggau, belum akan dilanjutkan pembangunannya dalam waktu dekat ini atau hingga tahun 2024 mendatang.

"Kalaupun nanti kembali dianggap perlu,.akan kembali kita usulkan pada pembahasan RPJP tahun berikutnya. Tapi lagi - lagi balik pada kesiapan dari pemerintah daerah dannkeuangan nasional," demikian Sumedi.***

Editor: Iman Kurniawan


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x